Pesona Pasar Modal, Pasar Saham Pahami Sebelum Berinvestasi

Pesona Pasar Modal, Pasar Saham Pahami Sebelum Berinvestasi
Pesona Pasar Modal, Pasar Saham Pahami Sebelum Berinvestasi

IndoMorningPost – Pesona pasar modal atau saham sangat menggiurkan dan selalu menarik untuk diikuti dan didengar.

Pasar modal atau saham menawarkan begitu banyak perolehan keuntungan yang tinggi. Namun, disisi lain pasar modal juga penuh dengan trik dan cara, yang apabila tidak hati-hati bisa menjadi jebakan hingga berbuah kerugian.

Berinvestasi dipasar modal atau saham akan menjadi sangat tinggi. Resiko tinggi dalam pasar saham dan modal sesuai dengan hasilnya dapat dikatakan sebagai high risk high gain (Resiko Tinggi Keuntungan Tinggi)

Resiko tinggi berlaku bagi investor individu yang tidak memiliki pengetahuan memadai dalam mengelola aset yang dimiliki.

Sehingga kerugian dapat buat menjadi sekecil mungkin dan meningkatkan keuntungan sebesar mungkin.

See also  Niche Market atau Mass Market Pilihan, ‘Target Penjualan’

Oleh sebab itu menjadi seorang individu yang unggul, si investor harus membekali dirinya dengan pengetahuan yang baik tentang seluk beluk dunia pasar modal.

Membekali diri dengan pengetahuan ini ibarat seorang prajurit yang akan bertempur dimedan perang, sudah siap dengan senjata dan perbekalan.

Dasar berpikir dalam dunia saham dan pasar modal yang selama ini berlaku adalah membeli dengan harga serendah mungkin dan menjual saat harga tinggi.

Sebetulnya dasar berpikir seperti ini tidak salah bisa dikatakan hampir benar, Karena sebagai investor pemula kita kadang tidak mengerti kapan saham dikatakan murah dan kapan dikatakan mahal.

Sehingga dasar berpikir membeli saham di harga murah dan menjual di harga tertinggi perlu dipahami karena kita harus mengerti kapan saham dikatakan murah dan kapan dikatakan mahal.

See also  Bisnis Adalah, Bisnis Online Bisnis Rumahan Peluang Besar yang Menjanjikan

Selain terkait harga, para investor sering terjebak pada mitos-mitos di kalangan trader dan investor: seperti mengikuti pergerakan investor asing lebih dikenal dengan buy on rumor sell on news (beli kondisi rumor dan jual kondisi berita).

Kesalahan berikutnya adalah pembelian saham yang tidak liquid (mudah penjualannya).

Kejadian dan kesalahan yang diambil baik terkait keputusan soal harga murah dan tinggi, soal beli kondisi rumor dan jual kondisi berita, serta soal pembelian saham yang tidak mudah penjualannya.

Apabila dilakukan terus menerus akan menyebabkan kerugian bagi investor atau trader tersebut.

Untuk itu kita benar-benar perlu memahami metode guna dapat masuk kedalam dunia pasar modal atau saham.

See also  Filsafat Hidup, Tiga Pertanyaan Pedoman Hidup, Inspirasi Kehidupan

Beberapa metode yang perlu kita kuasai adalah:

  • Metode Analisa Teknikal
  • Metode Analisa Fundamental

Dari kedua metode diatas kita hendaknya memilih yang nyaman dan mudah dipahami oleh kita sehingga kita menemukan pola yang akan dibentuk oleh pergerakan saham****

Leave a Reply

Your email address will not be published.