5 Cara Main Trading Saham Pasti Untung

5 Cara Main Trading Saham Pasti Untung
5 Cara Main Trading Saham Pasti Untung

IndoMorningPost – Cara main trading saham bagi pemula harus dilakukan dengan hari-hari dan penuh perhitungan. Sebenarnya jika ingin belajar tentang investasi trading saham sudah banyak informasi yang bisa diakses baik online maupun offline. Memahami apa saja hal yang perlu dilakukan sebelum terjun ke dunia pasar modal seperti ini perlu pemahaman yang matang.

5 Cara Trading Saham Supaya Untung

Bagi pemain pemula pemilihan trading saham harus benar teliti karena hal semacam ini dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Jika sudah benar mengerti hal yang perlu dilakukan sebelum ikut main trading saham keuntungan akan cepat didapatkan. Berikut beberapa langkah penting cara main trading saham bagi pemula:

1. Pilih Broker Atau Sekuritas yang Sesuai

Ketika transaksi saham pemain akan membutuhkan perusahaan sekuritas atau broker untuk membantu transaksi ke investor. Pilihlah sekuritas yang kredibel, jangan memilih sekuritas yang memiliki persentase biaya yang tinggi. Sekuritas yang mematok persentase tinggi akan merugikan penggunanya meskipun tidak begitu banyak.

See also  5 Tips Dan Cara Analisa Saham Fundamental Yang Wajib Dilakukan

Sebaiknya pilih perusahaan broker atau sekuritas yang mematok persentase biaya yang rendah. Misalnya memilih perusahaan sekuritas dengan persentase biaya 0,20% dari total jumlah pembelian saham. Hal ini bertujuan agar cara trading saham bisa tepat dan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

2. Tentukan Indeks Saham

Pada Bursa Efek Indonesia terdapat 22 jenis indeks saham. Pengguna harus mengenali jenis-jenis ini dan tentukanlah mana yang tepat untuk dipilih. Pilihlah indeks saham yang memiliki likuiditas tinggi. Pengguna juga harus mempertimbangkan perusahaan yang mendukung indeks saham tersebut.

Pilih indeks saham yang berada pada dua tingkat teratas yaitu LQ45 dan IDX30. Kedua indeks saham ini telah didukung oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Untuk LQ45 sendiri telah memiliki pengikut sebanyak 45 perusahaan besar. Sedangkan IDX30 memiliki 30 saham di perusahaan yang memiliki likuiditas tinggi.

3. Buat Rencana Periode Saham

Pembuatan periode saham harus dipikir secara matang dan jangan mengambil keputusan secara gegabah. Pengguna akan mendapat keuntungan yang lama atau kerugian yang besar dan bisa jadi mendapatkan profit dalam waktu yang singkat. Dalam membuat rencana periode trading saham ada dua cara yang bisa dilakukan berdasarkan pemilihan periodenya.

See also  XAU-USD Pergerakan Gold Sesi Penutupan Asia 13 Desember 2021

Yang pertama dalam jangka waktu pendek, dalam periode ini pengguna bisa jadi mengalami kerugian yang besar. Namun peluang untuk mendapatkan profit jauh lebih cepat. Kedua jangka panjang, pengguna bisa mendapatkan profit jauh lebih besar daripada profit jangka pendek jika reputasi sistem kerja baik.

4. Pantau Pergerakan Roda Ekonomi

Memantau pergerakan ekonomi menjadi salah satu kunci cara main trading saham. Pemain bisa memilih putaran roda ekonomi baik dalam maupun luar negeri. Dengan begitu strategi investasi bisa diterapkan jika pasar modal sedang memburuk atau normal.

Saat pasar modal memburuk tahanlah untuk tidak menjual saham agar tidak mendapatkan kerugian. Harga saham saat pasar modal memburuk akan turun jadi jangan menjual saham saat hal ini terjadi. Lain halnya jika pasar modal sedang kondusif dengan harga yang stabil mulailah investasi sah baru untuk mengembangkan perolehan investasi.

See also  Cryptocurrency Dalam Film Berjudul Fortress ‘Synopsis’

5. Lakukan Transaksi dengan Kesabaran

Cara main trading saham memang harus dilakukan dengan penuh kesabaran. Sebagai pemula tentu akan merasakan down saat pasar modal tidak stabil atau malah sedang mengalami kesulitan. Hal ini tentu wajar pada pola putaran pasar modal. Strategi yang matang harus diperlukan pada saat-saat seperti ini.

Pengguna baru bisa menerapkan strategi seperti mengeluarkan modal sedikit terlebih dahulu untuk awal permain. Jumlah keuntungan akan terus meningkat seiring dengan pemahaman yang didapat. Saat harga saham turun mulailah untuk transaksi saham lagi agar saat harganya stabil profit bisa diperoleh lebih besar.

Dengan memahami hal apa saja yang harus dipelajari sebelum bermain trading saham tentu akan mendapat keuntungan yang cepat. Pengguna bisa memulai menerapkan strategi-strategi agar investasi yang ditanamkan tidak mengalami kerugian. Meskipun pemula bermain trading saham tidak akan merugi jika sudah paham betul dengan informasi di atas****

Leave a Reply

Your email address will not be published.